Selasa, 22 Desember 2015

Tulisan Di Hari Ibu



Hasil gambar untuk hari ibu kartun muslimah

   Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai ibu. Tulisan spesial di bulan Desember. Bulan dimana terdapat tanggal yang terkenal dengan peringatan hari ibu yaitu tepat ditanggal 22 Desember.

   Ibu atau Ummi dalam bahasa Arab. Ummi sendiri berarti tujuan. Jadi ibu adalah sosok yang dituju oleh hampir semua orang. Misalnya dalam hal makanan atau letak barang. Baiklah dua hal itu hanyalah gambaran 'tertuju' secara umum. Selain itu dalam hal didikan anak pun,rata - rata ibu lebih mendominasi daripada ayah. Aku pernah mendengar analogi dalam sistem ini. Jika ayah diibaratkan dengan kepala sekolah maka ibu berperan sebagai guru.

   Selanjutnya aku akan membahas mengenai salah satu dari sekian banyaknya ibu hebat didunia ini. Beliau bernama Nancy Elliot Edison. Beliau adalah sosok hebat dibalik suksesnya Thomas Alfa Edison. Thomas Alfa Edison adalah penemu lampu pijar. Pertama kalinya aku tahu sosok Thomas Alfa Edison adalah saat aku membaca kutipan yang ia sebutkan. Kutipan itu adalah :

"Saya tidak pernah gagal sekalipun. Saya berhasil menemukan lampu pijar. Hanya saja itu butuh proses sebanyak 2000 tahap" - Thomas Alfa Edison

   Ketika itu, aku kagum dengan pola pikir Thomas Alfa Edison ini. Bagaimana tidak ? Dia tidak meratapi ketidak berhasilannya. Ia menganggap ketidak berhasilannya itu sebagai tahap dalam proses menuju keberhasilan yang sesungguhnya. Namun, aku baru tahu awal bulan ini bahwa pemikiran Thomas Alfa Edison ini berasal dari sang ibu. Thomas Alfa Edison yang ketika kecil pernah dikeluarkan dari sekolah karena dianggap bebal dan tidak disiplin ini memiliki karakter yang tahan banting. Karakter yang kuat dan pantang menyerah. Karakter yang terbentuk karena didikan seorang ibu.

   Saat aku tahu peran yang sangat luar biasa dari ibunya ini, aku mulai berpikir mengenai sosok ibu secara lebih mendalam. Peran dimana dengan didikannya, seorang ibu bisa mencetak generasi yang sangat luar biasa seperti Thomas Alfa Edison. Oh iya, aku tahu kisah peran ibu Thomas Alfa Edison itu dalam kegiatan di sekolahku. Kegiatan yang berlangsung 5 Desember 2015 lalu ini merupakan kegiatan motivasi. Kisah ini disampaikan saat sesi pembacaan karakter melalui tanda tangan. Tetehnya (orang yang memberi motivasi dan membaca tanda tangan itu, red) berkata bahwa aku tipe orang yang pandai mengatur keuangan dan cocok untuk berdagang. Baiklah sepertinya aku harus mulai berpikir tentang bisnis apa yang harus kukelola untuk mengembangkan bakat ini. Aduh malah curcol haha XD.

   Oke kita lanjutkan kembali pada kisah Thomas Alfa Edison. Ketika Thomas Alfa Edison dikeluarkan dari sekolah, ibunya tidak memarahi Thomas Alfa Edison. Kala itu ibunya berkata "Thomas kamu adalah murid spesial. Hanya ibulah yang pantas mengajarimu". Ibunya yang kebetulan berprofesi sebagai seorang guru itu membangun pemikiran positif pada anaknya. Pada kesempatan lain ibunya berkata "Orang yang hebat adalah orang yang selalu mencoba dan tidak menyerah".

   Ya itulah hal yang ingin kubahas tentang ibu. Selamat hari ibu dan sampai jumpa~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar