Jumat, 25 Agustus 2017

Celoteh mengenai buku : Berkarya tanpa jeda


Hasil gambar untuk berkarya tanpa jeda fachmy casofa




Jadi ceritanya, libur lebaran kemarin aku mau beli buku baru. Niatnya sih beli novel Cinta Dua Kodi karya mbak Asma Nadia, tapi ternyata stok novel tersebut sedang kosong di toko buku yang paling dekat dari rumahku itu. Alhasil aku nyari alternatif lain dengan mencari buku secara random. Ya barangkali ada buku yang mengundang minat bacaku, pikirku kala itu. Dan ternyata dugaanku saat itu benar. Aku menemukan buku yang akan kuulas diartikel ini.

Buku berjudul Berkarya tanpa jeda ini ditulis oleh Fachmy Casofa. Satu buku lagi yang membakar semangat pembacanya agar senantiasa berkarya. Tadinya aku berpikir isi buku ini akan membahas tokoh - tokoh cerdas dimasa kejayaan islam. Namun ternyata dugaanku salah. Walaupun ada sedikit cerita tentang tokoh - tokoh cerdas tersebut namun, hal itu tidak terlalu ditekankan. Isinya lebih ke inspirasi dan motivasi yang disampaikan dalam beberapa bab.

Ada banyak pembelajaran yang kudapat dari buku ini. Salah satunya adalah memanfaatkan waktu dengan sebaik - baiknya. Waktu yang merupakan salah satu nikmat yang tak bisa tergantikan, jelas memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Didalamnya bisa timbul karya atau bahkan malapetaka jika kita tidak mempergunakannya untuk hal yang positif. Kita harus jadi muslim padat karya, muslim yang menjadikan manfaat sebagai tolak ukur perbuatannya. Muslim yang hidupnya ia persembahkan untuk kemuliaan dirinya, keluarga, umat dan agama. Menjadi orang yang seluruh usianya diberkahi oleh Allah.

Bahasanku diatas adalah inti dari buku ini. Selain ingin membahas hal diatas, aku juga ingin membahas tentang salah satu imam besar periwayat hadits, Imam Bukhari. Beliau merupakan tokoh dibalik terbitnya kitab yang berjudul shahih Al – Bukhari, kitab yang dijadikan sebagai referensi kedua setelah Al - Qur’an oleh kaum muslimin. Didalamnya ada ribuan hadits Nabi yang statusnya sahih. Diriwayatkan bahwa saat pengumpulan, pengurutan dan pembagian hadits kedalam bab demi bab, beliau berpindah - pindah selama 16 tahun. Sebuah perjuangan yang luar biasa untuk menyusun suatu kitab yang kelak akan memukau begitu banyak pasang mata karena indahnya islam.


Mungkin hanya ini yang bisa kutulis mengenai buku ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

2 komentar:

  1. Wuah,,,, buku nya keren
    Thanks reviewnya,,kucatat dlu judul bukunya. Sapa tau besok besok berjodoh ketemu di gramedia sama si buku Berkarya Tanpa Batas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama^^. Terima kasih sudah berkunjung ya~ :)

      Hapus