Minggu, 15 Oktober 2017

Semakin mengenal dunia


Hasil gambar untuk dunia

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai pembelajaran yang baru kusadari. Pembelajaran yang membuatku lebih bijak dalam menghadapi dunia. Pembelajaran yang kudapat dari seseorang yang sedikit bercerita tentang apa yang ia alami dan keputusan apa yang ia buat. Hmmm, aku berpikir sejenak ketika mendengar kumpulan kalimat yang terlontar dari lisan temanku itu. Aku tahu dia tidak mau mengambil keputusan itu. Hati kecilnya begitu berat dan seakan memaksanya untuk berontak menolak dengan tegas keputusan yang mungkin akan ia ambil. Apa yang ia alami di-kesehariannya-lah  yang senantiasa menuntunnya ke langkah kedewasaan. Keputusan yang ia ambil bukanlah jalan yang bertentangan dengan hukum dan agama, namun dia, sebagaimana manusia pada umumnya, dia mengharapkan hal yang menurutnya lebih baik.

Sampai disitu, bukankah semuanya jelas ? Bukan hanya dia, siapapun di muka bumi ini dihadapkan pada berbagai macam situasi yang memaksanya untuk berpikir dewasa. Bukan hanya dia, semua orang juga tengah berjuang menghadapi berbagai warna dunia yang tentu tidak hanya memiliki warna cerah. Ada kalanya kita menghadapi warna gelap nan pekat yang datang bahkan tanpa kita minta.

Setelah aku melihat alur kehidupan yang kujalani, yang orang lain jalani termasuk yang dijalani oleh orang hebat sekalipun, aku menyadari bahwa hidup itu tentang perjuangan, berjuang pada sesuatu yang kita sukai maupun yang tidak kita sukai.

Pembelajaran besar seperti ini bisa didapat bahkan hanya dari hal sederhana. Ya, sederhana. Aku hanya mendengar apa yang disampaikan temanku. Seseorang yang seumuran denganku, seseorang yang didepan mereka, kita selalu menunjukkan jati diri kita yang sesungguhnya. Kupikir persahabatan itu salah satu bentuk keajaiban. Tumbuh besar bersama, mengetahui seluk-beluk satu sama lain, saling bertukar pendapat dan menjadi dewasa bersama, itu benar - benar menakjubkan.

Mungkin hanya ini yang ingin kubahas di artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar