Minggu, 15 Oktober 2017

Shalawat Nariyyah


Hasil gambar untuk shalawat nariyyah

Sebenarnya aku ingin menulis artikel ini sejak tahun 2016 lalu. Tapi, mimpi itu baru terealisasikan sekarang karena beberapa alasan. Baik, sekarang aku akan menampilkan video Shalawat Nariyyah yang dibawakan oleh Ustadz Syamsuddin Nur El - Marusy dalam acara Islam Itu Indah :




“Wah~ Aku suka shalawatnya!” Itu adalah kalimat yang kupikirkan saat pertama kali mendengar Shalawat tersebut pada Desember 2015 silam. Dan entah kebetulan macam apa, saat itu aku menemukan suatu buku yang mencantumkan materi tentang Shalawat ini di beberapa halamannya. Pada halaman - halaman tersebut tertulis aksara Arab Shalawat beserta latin dan artinya. Selain itu ada juga beberapa keutamaan bila kita menetapinya sebagai wirid yang akan sedikit kubahas di artikel ini.

Pertama, aku akan mencantumkan arti dari Shalawat Nariyyah ini :

“Ya Allah limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang melaluinya semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih dan berkat dirinya yang mulia awan menurunkan hujannya dan semoga pula terlimpahkan kepada keluarganya serta pada sahabatnya disetiap detik dan embusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Wah, masyaAllah. Membaca arti dari Shalawat Nariyyah ini membuatku merasa hangat ^^).  Penggambaran indahnya islam tertaut disetiap kalimatnya. Kalimat - kalimat tersebut menggambarkan cukuplah islam dan iman yang mencukupi disetiap langkah kita.

Kedua, aku akan membahas tentang keutamaan apabila kita menetapinya sebagai wirid. Diantaranya :

1) Allah akan melenyapkan kesedihan dan kedukaannya serta menghapuskan kesulitan dan bahaya yang menimpa dirinya.
2) Allah akan memudahkan segala urusannya, memberikan cahaya kepada hatinya sehingga menjadi terang hati dan meninggikan martabatnya.
3) Allah akan membuat baik keadaannya, meluaskan rezekinya dan membukakan baginya semua pintu kebaikan dan kebajikan secara berlimpah.
4) Diampuni dosa - dosanya dan dipermudah urusannya.

Mengenai shalawat sendiri, Rasulullah SAW bersabda orang yang paling pantas untuk mendekatinya pada Hari Kiamat ialah yang paling banyak ber-shalawat kepeda beliau. Sebenarnya ini nasihat untukku juga sih, nasihat untuk memperbanyak shalawat.

Mungkin hanya ini yang ingin kubahas mengenai Shalawat Nariyyah ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar