Jumat, 12 Januari 2018

Pentingnya pendidikan mental


Hasil gambar untuk mental

Beberapa waktu lalu aku dan temanku membahas tentang sisi yang penting namun seringkali luput dari setiap orang. Kami membahas tentang kalimat menyakitkan yang kadangkala kita dengar dalam kehidupan sehari - hari.

Akhir dari diskusi ini membuahkan kesimpulan bahwa bermental baja adalah hal yang harus kita miliki. Kita tidak boleh lemah dan menyerah kala dihadapkan berbagai persoalan. Jika kita lihat lebih lanjut, sebenarnya dunia dan sisi kerasnya itu berada dalam satu paket. Bisa dibilang keduanya begitu dekat sehingga kita sudah seharusnya menganggap kalimat pedas yang kita dengar sebagai suatu hal yang 'biasa'. Untuk meningkatkan kekuatan mental ini, kita bisa melakukannya dengan bersikap cuek akan komentar - komentar yang tidak sepatutnya terlontar itu. Selain itu, bagi yang masih sekolah kalian bisa menjalani pendidikan mental ini dengan mengikuti ekstrakulikuler paskibra, Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) dan yang lainnya.

Sebenarnya ini nasihat untuk aku juga sih. Tapi aku ingin membagikannya karena kurasa penjelasan dan pemahaman mengenai ini memang penting. Hanya saja, bukan berarti kita harus punya kebiasaan berkata pedas ya. Mendengar terasa lebih baik daripada melontarkan. Walaupun kadang manusia bisa lupa dan tak sengaja mengatakan kalimat pedas.

Jadi kesimpulannya, kita tidak boleh hanya fokus pada pendidikan formal. Pendidikan mental juga tidak kalah pentingnya. Walaupun aku juga terkadang suka baper juga sih mendengar kalimat yang berada dibawah naungan kalimat pedas semisal umpatan dan celaan. Tapi apa salahnya dari menasehati sekaligus berusaha memperbaiki diri kan ? Kemudian, aku ingin berkata soal orang yang bisa berkata pedas bahkan saat ia tidak marah. Ia menganggap apa yang ia katakan sebagai sesuatu yang biasa. Dan mungkin ia tidak berniat buruk dengan mengatakannya. Maka dari itu, pemahaman sangat diperlukan disini. Kita harus memahami bahwa semua yang terkesan buruk itu belum tentu buruk.

Hanya ini yang ingin kusampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar