Kamis, 09 Agustus 2018

Doktrin untuk sukses

Hasil gambar untuk sukses

Aloha~
Setelah sekian lama vakum, akhirnya aku kembali menulis dengan tema baru. Kali ini aku menemukan ide tulisan ini lewat obrolan dengan salah seorang teman. Di siang itu, aku mengemukakan pendapat soal makna kesuksesan menurut kebanyakan orang. Aku berkata, “Aku membaca sebuah berita. Disitu, aku melihat seorang artis remaja berphoto di Paris. Tepat didepan menara Eiffel. Begitu ya ? Orang - orang mendefinisikan sukses seperti itu. Jalan - jalan ke luar negeri. Sesuatu semacam itu.”

Mendengarnya, diapun menimpali, “Iya Ti, kaya gitu. Nikah muda, jalan - jalan keluar negeri. Itu dinilai sebagai kesuksesan.”

Ya begitulah. Dewasa ini, kita banyak didoktrin kalau arti dari sukses itu ya seperti itu. Dari banyak hal, media sosial maupun berita terkini yang begitu mudah kita akses dari setiap ponsel. Dan yang menarik dari bahasanku ini adalah mengenai kelanjutan percakapan kami. Temanku melanjutkan pendapat dan pemahamannya. Dia bilang kalau definisi sukses yang sebenarnya adalah saat kita membuat diri kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Tidak ada celah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Wahh, pendapat yang begitu menenangkan, bukan ? Maksudku, mengejar sesuatu sesuai sudut pandang orang - orang itu melelahkan. Membandingkan diri dengan mereka, itu merupakan sesuatu yang tidak ada habis - habisnya.

Ya mungkin hanya ini yang ingin kutulis untuk tema diatas. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar