Senin, 22 Maret 2021

[Opini] Ujaran Raditya Dika

 

Temannya yang Berprofesi sebagai Dokter Meninggal Dunia karena Virus  Corona, Raditya Dika: Teman-teman, Ini Virus Serius - Pikiran-Rakyat.com

Pada postingan kali ini, aku akan membahas tentang ucapan yang pernah dilontarkan oleh penulis buku, komedian sekaligus aktor Raditya Dika. Awalnya aku membaca beberapa cuitannya di twitter, khususnya tentang sebuah hubungan. Dari cuitan itu aku sadar beberapa sudut pandangnya menarik untuk diperhatikan. Karena masuk akal dan bisa saja pemecahan solusi akan sesuatu. Setelah itu sesekali aku menonton video YouTube yang menampilkan Bang Radit sebagai pembicara. Beberapa perkataan menariknya akan aku tulis disini. Diantaranya :

 

Pertama, cari pasangan yang cocok sama kita bukan yang ingin kita ubah.

 

Dari kalimat ini aku belajar bahwa dalam hidup ini, beberapa aspek itu diluar kendali kita. Mengharapkan perubahan terkadang menjadi sesuatu yang tidak logis. Tidak menaruh ekspektasi tinggi pada orang lain juga bisa menghindarkan kita dari rasa kecewa. Lagipula dunia nyata itu berbeda dari dongeng yang alurnya bisa berubah dengan cepat. Istilahnya Happily ever after.

 

Kedua, dewasa untuk menerima kekurangan diri kita, perbaiki.

 

Kadang perpisahan itu terjadi karena kesalahan atau kekurangan yang kita miliki dan sulit diterima oleh orang lain. Jika kita bersikap dewasa, kita bisa menyikapi hal ini dengan instropeksi diri. Sadar dan mengakui kekurangan itu dan berusaha untuk memperbaikinya.

 

Ketiga, “Yang bisa jaga diri kamu ya diri kamu sendiri.”

 

Aku menyimpulkan kalimat ini dengan kemampuan seseorang dalam memilih antara yang benar dan yang salah. Juga kesiapan setiap orang mendapat konsekuensi dari apa yang telah mereka pilih. Contoh, memilih pola dan jenis makanan, jam tidur, lingkup pergaulan dan menjaga kesehatan mental. Bagaimana kita memperlakukan orang lain pun merupakan contoh lain dari penjagaan diri. Jika kita memperlakukan orang lain dengan salah maka ini dapat menyebabkan orang lain melihat kita dengan sudut pandang yang berbeda (cenderung buruk).

 

Baik, mungkin hanya ini yang ingin kutulis. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar