Sabtu, 16 November 2019

Fenomena Bullying


Hasil gambar untuk sulli to the beautiful you


Beberapa minggu lalu kita dikejutkan dengan kabar meninggalnya Choi Jin Ri atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Sulli f(x). Sulli yang merupakan idola K-Pop dan aktris ini ditemukan meninggal dunia di rumahnya. Polisi mengkonfirmasi bahwa penyebab kematiannya dikarenakan bunuh diri.

Di Korea Selatan sendiri, Sulli dikenal sebagai sosok yang cukup kontroversi. Kritikan membayanginya seperti bayangan. Hal ini disebabkan pola pikirnya yang dianggap menyimpang bagi kebanyakan orang.

Aku kemudian menonton video yang diposting channel YouTube Asian Boss. Video itu menampilkan komentar orang Korea Selatan tentang kasus ini dan kesehatan mental. Disana ada yang berpendapat bahwa Sulli menanggapi komentar kebencian ini secara serius. Dia memasukkan komentar kebencian ini kedalam hatinya dan ia sangat terluka karenanya.

Ada juga yang berpikir masyarakat harus lebih diedukasi mengenai persoalan ini. Banyak orang yang berpikir merupakan hal wajar bagi selebriti untuk mendapat komentar kebencian/buruk. Tentu ini paham yang keliru namun nyatanya banyak yang berpikir demikian. Hal semacam ini tidak hanya terjadi di Korea Selatan. Di Indonesia pun cukup sering aku membaca kasus tentang komentar buruk yang didengar atau dibaca oleh publik figur dari masyarakat.

Di Korea Selatan sendiri, aku baru tahu bahwa terbuka mengenai penyakit mental adalah sesuatu yang tidak umum. Maksudku, Korea Selatan adalah salah satu negara dengan angka kematian bunuh diri yang tinggi. Maka dari itu aku cukup heran jika mereka menilai penyakit mental sebagai sesuatu yang tabu. Orang - orang disana tidak ingin terbuka mengenai masalah mentalnya karena apabila ini dilakukan, orang lain akan merendahkannya.

Jika kalian ingin menonton video dari Asian Boss yang aku maksud, kalian bisa menontonnya dengan memutar video dibawah ini :


Baik, kembali lagi mengenai mendiang Sulli. Aku lebih tahu tentang dia sejak dia membintangi Drama Korea To the beautiful you. Drama yang juga dibintangi Choi Min Ho SHINee ini tayang tahun 2012 lalu. Saat itu yang aku pikirkan adalah dia gadis yang cantik dan imut. Aku suka melihat senyum dan deretan giginya. Aku cukup terkejut dan menyayangkan saat tahu ia memutuskan untuk bunuh diri di tahun 2019 ini.

Hasil gambar untuk sulli to the beautiful you
Sulli (kiri) dan aktor lawan mainnya di To the beautiful you, Minho SHINee.
Ada seorang YouTuber yang menerjemahkan komentar yang Sulli dapat di media sosialnya. Aku terkejut dan sedih membaca itu semua. Aku berpikir seharusnya mereka tidak sampai sejauh itu. Komentar yang tertulis itu diantaranya :

“Dia jelek. Tubuhnya datar, tidak ada lekukan sama sekali.”

“Kamu terlahir kotor. Itu satu - satunya alasan kenapa kamu lahir.”

Itu adalah dua dari banyak komentar jahat lainnya. Sebenarnya Sulli sempat berniat menuntut para pemberi komentar jahat itu. Namun ia berubah pikiran dan memaafkan mereka.

Menindaklanjuti kasus ini, netizen Korea Selatan kemudian meminta petisi pada pemerintah untuk komentator jahat. Aku sulit membayangkan bagaimana rasa sakit yang keluarga Sulli hadapi mendapati Sulli meninggal karena perlakuan buruk dari orang - orang terhadapnya. Aku turut berduka cita dan berbelasungawa atas kejadian ini dan aku harap orang - orang lebih berempati saat memberikan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar