Jumat, 03 November 2017

Word Families : Mari, lebih dekat dengan kata!


Gambar terkait

Pada kesempatan kali ini, aku akan membahas salah satu teori Bahasa Inggris yang pernah kupelajari. Ini adalah kali pertama aku membahas pelajaran Bahasa Inggris di blog ini.

Dalam Bahasa Inggris, kita bisa membedakan antara kata yang satu dengan kata lainnya dengan melihat huruf - huruf akhir pada kata tersebut. Dengan melihat itu, kita bisa tahu kata tersebut termasuk kedalam jenis apa. Walaupun tentu saja, aturan ini tidak berlaku untuk seluruh kosa kata Bahasa Inggris.

Jenis Word Families yang akan aku bahas disini adalah Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan) dan Noun (kata benda) yang bisa merujuk pada benda atau orang.

Akhiran kata pada umumnya.

Verb
Adjective
Adverb
Noun
en
able
ly
ance
ify
ible
ward
ancy
ize
al
wise
ence

ful

ation

ish

ian

ive

ism

ous

ist



ment



ness



ship



or



er

Akhiran - akhiran diatas adalah akhiran yang biasa tersemat pada jenis kata tertentu. Dengan membaca akhiran tersebut, kita bisa menyimpulkan makna dan jenis dari suatu kata.

Contoh :

Watch = Mengamati (Verb)
Watchful = Waspada (Adjective)
Watchfully = Dengan berjaga-jaga (Adverb)
Watchfulness = Pengamatan (Noun - thing)
Watcher = Pengamat (Noun - Person)

Tapi, ada kata yang komponennya tidak lengkap karena kata tersebut memang tidak punya kata jenis itu. Contohnya kata 'Entertain'  (menghibur) yang memang tidak ada dalam kata keterangan. Untuk jelasnya, coba perhatikan Word Family dari kata hibur :

Entertain = Menghibur (Verb)
Entertaining = Dapat menghibur (Adjective)
Entertainment = Hiburan (Noun - Thing)
Entertainer = Penghibur (Noun - Person)

Berbeda dengan kata 'watch' (mengamati) yang bisa hadir dalam semua jenis kata. Kata yang semisal ini bisa juga kita temukan pada kata 'produce' (membuat). Diantaranya :

Produce = Membuat (Verb)
Productive = Produktif (Adjective)
Productively = Secara produktif (Adverb)
Production = Hasil (Noun - Thing)
Producer = Produser atau Penghasil (Noun - Person)

Mungkin hanya ini yang bisa kusampaikan. Mohon maaf apabila tulisan ini memiliki banyak kesalahan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar