Sabtu, 15 Juni 2019

[J - Movie] Yokomichi Yonosuke : Apa yang akan orang ingat setelah kita meninggal ?

Hasil gambar untuk yokomichi yonosuke


Pada kesempatan kali ini aku akan membuat ulasan tentang film Jepang yang rilis pada tahun 2013 lalu. Alur ceritanya terbilang unik, bahkan merupakan hal yang sangat baru untukku. Menceritakan tentang hidup seseorang dan kenangan apa yang ia berikan pada orang - orang disekelilingnya. Yonosuke, sang tokoh utama meninggal karena kecelakaan saat menyelamatkan seseorang. Aku belajar banyak dari film ini. Bisa dibilang film ini mengubah beberapa sudut pandangku setelah menontonnya.

SINOPSIS

Yokomichi Yonosuke (Kengo Kora) adalah seorang pemuda yang merantau dari Nagasaki ke Tokyo untuk mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Kala itu, tahun 1987. Dia adalah pemuda biasa dengan kehidupan sehari - harinya. Di Tokyo ia bertemu dengan banyak orang. Termasuk diantaranya teman kampusnya.

Hasil gambar untuk yokomichi yonosuke yosano shoko
Yokomichi Yonosuke.

Yonosuke adalah seseorang yang baik. Dia adalah orang yang temannya tidak merasa enggan untuk meminta tolong. Dia disukai oleh seorang gadis dari keluarga kaya, Yosano Shoko (Yuriko Yoshitaka). Mereka pertama kali bertemu dan berkenalan saat double date. Jadi Shoko ini adalah teman dari pasangan kencan temannya Yonosuke. Shoko mengejar Yonosuke dengan cara yang lucu menurutku. Dia secara tiba - tiba datang ke kosan Yonosuke dan mengajaknya ke kolam renang. Dia bahkan secara sepihak berterus terang kalau dia akan berkunjung ke rumah Yonosuke di Nagasaki saat liburan musim panas.

Gambar terkait
Yosano Shoko.

Saat mereka ke Nagasaki, Shoko ikut bermain di pantai bersama teman - teman Yonosuke di kampung halamannya. Yonosuke dan Shoko juga bertemu mantan kekasih Yonosuke disana. Kemudian Shoko mengungkapkan kesedihannya ketika melihat Yonosuke memperhatikan dan berbincang dengan mantan kekasihnya itu. Yonosuke yang memang baik, menghargai semua yang Shoko lakukan. Dia tetap memperlakukan Shoko dengan baik meskipun Shoko melakukan pendekatan yang tidak wajar untuk orang lakukan. Hingga sampai disuatu waktu dimana mereka benar - benar berpacaran. Shoko bersembunyi dibalik gorden saat mendengar Yonosuke bilang mereka berpacaran dan dia menyukai Shoko. Lucu banget pas lihat mereka disini wkwk.

Di film ini kita akan melihat lompatan cerita antara Yonosuke dan sekelumit orang dalam hidupnya. Serta tentang bagaimana mereka nantinya, bertahun - tahun setelah mereka berpisah. Walau begitu, ceritanya sangat menarik untuk diikuti. Yonosuke tipe orang yang sangat lucu. Dia memikirkan, menanyakan atau bahkan melakukan hal yang belum tentu orang lain lakukan atau pikirkan. Contohnya saat dia menonton berulang kali video yang menampilkan detik - detik dimana dia terjatuh saat tampil samba. Aku ketawa aja, kok bisa dia dengan PD-nya menonton video itu didekat temannya ? wkwk. Dia menonton itu dengan senyum terukir diwajahnya dan bahkan menceritakan kronologis lengkap bagaimana dia terjatuh hahaha.

Lalu, apa yang terjadi selanjutnya ? Bagaimana dengan hubungan Yonosuke dan Shoko ? Siapa saja orang - orang yang ada disekeliling Yonosuke ? Kalian bisa menyaksikannya sendiri film yang berdurasi lebih dari 2 jam ini.

KOMENTAR PENULIS

Film ini berkisah mengenai orang biasa, Yokomichi Yonosuke. Dia dengan segala sifatnya yang membawa pengaruh untuk orang - orang disekelilingnya. Dia yang membuat temannya beruntung karena telah mengenalnya. Dia dengan sifatnya yang membuat orang - orang ingin tertawa saat mengingatnya.

Aku belajar bahwa kenangan dan bertemu orang lain itu indah. Bisa dipengaruhi/mempengaruhi dalam hal yang baik itu indah. Bahwa setiap nama dalam hidup kita itu memberikan cerita. Manis banget maknanya :)

Mungkin hanya ini yang ingin aku review dari film ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar