Senin, 02 September 2019

Manusia menurut Pengacara Komikado..

Hasil gambar untuk legal high masato sakai komikado kensuke


Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa yang dikatakan tokoh pengacara di dorama Legal High. Ada banyak hal yang kupelajari dari dorama ini. Terutama tentang kehidupan sosial dan tabiat manusia. Dari dorama ini aku jadi lebih mengerti kenapa orang - orang melakukan ini dan melakukan itu.

Dibagian akhir season keduanya, Pengacara Komikado kembali berargumen. Kepada tim lawan dia menjelaskan tentang kasus yang pernah ia tangani dan seperti apa manusia itu. Dia bilang, “Tidak karuan dan egois. Begitulah manusia.”

Hmmm.. Aku berpikir keras saat membaca petikan kalimat diatas. Memang begitu kan ya ? Maksudku, situasi yang pasti itu rasanya bukan manusia. Manusia punya emosi yang membuatnya tidak karuan. Contoh bertindak sesuai mood dan berubah pikiran karena beberapa hal. Egois juga. Kadangkala kita lebih mementingkan kepentingan diri kita sendiri dibanding orang lain.

Pengacara Komikado juga pernah berkata bahwa manusia adalah makhluk yang suka dengan kesenangan. Kadangkala kita tidak segan mengorbankan sesuatu demi kesenangan pribadi. Hal ini ia ungkapkan saat menangani kasus pengubahan situs warisan dunia yang menjaga alam dan sisi tradisional menjadi kota yang normal sebagaimana yang lain. Kota yang memiliki tempat hiburan, jalan raya dan mall.

Oh iya, satu lagi yang menarik dari dorama ini. Diceritakan Pengacara Komikado dan Pengacara Mayuzumi punya pandangan yang berbeda terkait kasus yang mereka tangani. Pengacara Komikado adalah orang yang akan membela siapapun selama kliennya memiliki uang. Dengan kata lain ia hanya akan membela orang yang bisa membayar jasanya dengan nominal yang tinggi. Ini berbeda dengan Mayuzumi yang menginginkan keadilan ditegakkan tanpa ada yang terluka dan dirugikan. Itulah kenapa opening dorama ini memperlihatkan Pengacara Komikado dan Pengacara Mayuzumi saling menyerang satu sama lain. Sekalipun mereka berada dalam firma hukum yang sama, tidak lantas mereka punya pandangan yang sama. Mereka cenderung bertolak belakang yang justru membuat dorama ini menjadi penuh dengan humor. Tapi aku rasa seru juga sih mempunyai orang seperti Pengacara Komikado sebagai rekan kerja. Terlepas dari sifatnya yang mata duitan itu, dia adalah orang yang humoris, sangat pintar dan kritis. Dia sering kekanakan namun pengetahuan hukum dan sosialnya sangat hebat.

Salah satu opening dorama Legal High.

Kita bisa belajar tentang kehidupan dari dorama ini dan penyampaiannya pun disampaikan dengan cara yang sederhana. Kita bisa lebih paham orang lain juga diri kita sendiri. Seperti sifat manusia yang tidak suka disalahkan dan bukan ranah kita untuk menentukan kebahagiaan orang lain. Aku juga dibuat takjub dengan pemikiran orang sosial. Aku rasa sepertinya mereka lebih paham tentang kehidupan karena ini pekerjaan mereka. Menemui banyak orang dan menangani banyak kasus. Itu membuat mereka lebih peka tentang bagaimana manusia dan tabiatnya. Dorama ini sangat cocok untuk mahasiswa jurusan hukum atau siapapun yang ingin belajar tentang ilmu sosial dan hukum. Kita bisa menjadi orang yang lebih melek hukum setelah menontonnya.

Aku juga suka melihat Gakky (pemeran Pengacara Mayuzumi) tampil sebagai orang yang bekerja di bidang hukum. Aku harap dia mengambil peran dalam proyek bertema hukum lagi :)

Baiklah. Mungkin hanya ini yang ingin aku sampaikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar